Image of JEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Text

JEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis



Persaingan antar perguruan tinggi (PT) semakin lama semakin ketat sehingga mereka perlu melakukan dan memberikan yang terbaik untuk mempertahankan eksistensinya dan juga untuk menarik mahasiswa. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) atau yang lebih dikenal dengan University Social Responsibility (USR). Penelitian ini menyajikan implementasi model Cycle Relations, suatu model USR untuk meningkatkan intake mahasiswa di perguruan tinggi. Penelitian ini melibatkan tujuh (7) perguruan tinggi dan sembilan belas (19) sekolah menengah di Jawa Tengah. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menerapkan metode interview mendalam dengan partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar perguruan tinggi yang ada, sudah melakukan kegiatan USR dalam berbagai bentuk kegiatan. Target sasaran untuk kegiatan USR perguruan tinggi tersebut antara lain sekolah menengah, masyarakat langsung, dan orang tua siswa. dari penerapan model yang ada menunjukkan bahwa program USR memiliki dampak terhadap intake suatu perguruan tinggi, meskipun demikian, ada satu yang perlu diperhatikan yaitu temuan bahwa peran guru di sekolah sangat penting dalam mempengaruhi siswa di sekolah menengah dalam menentukan perguruan tinggi pilihan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan USR yang telah direncanakan tidak selalu memberikan dampak langsung terhadap intake dikarenakan pengaruh guru di sekolah cukup signifikan, Kegiatan USR bisa saja memberikan dampak besar tetapi dalam jangka waktu yang lebih panjang karena target sasaran perlahan-lahan mengetahui kualitas dan kontribusi perguruan tinggi tersebut.rnKata Kunci: pertanggungjawaban sosial, pendidikan tinggi, intake


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
330.05 LIN j c.1/Vol. XIX No. 2 Agustus 2016
Penerbit Fakultas Ekonomika dan Bisnis UKSW : Salatiga.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1979-6471
Klasifikasi
330.05
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol. XIX No. 2 Edisi Agustus 2016
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this